Kamis, 02 September 2010

Multi Media

Merubah Foto Gelap Menjadi Lebih Soft dan Terang

Author: Nofriza Nindiyasari · Published: August 4, 2010 · Category: Grafik, Disain dan Publishing

Pastinya kecewa melihat hasil foto yang kita miliki gelap, padahal memiliki artistik yang lumayan, nah ada trik-trik yang menarik yang saya coba. Saya akan mengambil salah satu koleksi foto candid saya, pada saat hunting tanggal 9 Mei di daerah Tanah Abang, foto ini sangat gelap, bahkan kalau dikategorikan foto siluet tidak bisa masuk ke dalamnya, tetapi dibalik itu, olahan yang saya buat pada foto tersebut membawa saya masuk ke kategori Foto Pilihan Editor (FPE) yang pertama kalinya di Fotografer.Net pada tanggal 18 Mei 2009 lalu, dimana saya saat itu sedang persiapan menjadi juri lomba blog di Rangkas, Banten bersama dua rekan saya Pak Romi Satria Wahono dan Donny BU.

Download file: Nofriza-Merubah-Foto-Gelap-Menjadi-Lebih-Soft-dan-Terang

  • Buat Layer baru pada photoshop, rename dengan nama yang diinginkan
  • Pilih menu Image -> Adjustments -> Auto Contrast dan Auto Level
  • Buat layer baru kembali, agar lebih soft, usahakan foto dalam keadaan terang, pilih Image ->Adjustments -> Curves, pilih pada presetnya, yaitu Lightner
  • Buat layer baru kembali, dan kita siap membuat skin tone model lebih soft dengan cara pilih menu Filter -> Distort -> Diffuse Glow
    Pilihlah Graininess: 0, Glow Amount: 1, Clear Amount: 5
  • Foto akan lebih soft dan ter ang, atur kemudian dengan membuat kontrast foto menjadi pas, dengan cara pilih Image -> Adjustments ->Curves, pilih pada presetnya, yaitu Linier Contrast

Maka hasil foto Before akan menjadi hasil foto yang ada di tampilan After. Selamat Mencoba.

Salam Hangat,

Tidak ada komentar: